Kamis, 08 Desember 2011

PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Dl NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

BAB V

PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Dl  NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

A.   Perkembangan Teknologi Pendidikan di Negara Berkembang

Menurut analisa G. Pracharopoulus Negara berkembang investasi dalam sumber daya manusiawi mempunyai nilai ekonomisyang lebih tinggi dari investasi dalam bidang fisik, sena dalam bidang pendidikan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.
Dean Jamison membuat analisa pendidikan di Indonesia yang satu kesimpulan yaitu :
1.Untuk mempertahankan angka partisipasi pendidikan dasar pada taraf yang tetap belanja pendidikan harus dilipat duakan pada tahun berikutnya.
2. Angka  partisipasi  akan  turun  menjadi   15%  bila  pertambahan 
    belanja    pendidikan sama dengan kenaikan ongkos nyata.
      
  Peranan dan Kecendrungan Teknologi Pendidikan
Teknologi pendidikan dapat dikatakan sebagai alternatif pemecahan berbagai masalah pendidikan. Suatu komisi yang dibentuk oleh AECT memmuskan TP sebagai suatu bidang yang berkepentingan dengan kegiatan manusia yang secara sistematis mengidentifikasi, mengembangkan. mengorganisasikan segala macam sumber belajar. termasuk pengelolaan.
Aplikasi teknologi pendidikan dapat diamati dengan :    
1. adanya system peralatan untuk menyajikan informasi
2. terintegrasinya system peralatan tersebut sebagai suatu sub system
    dalam system pendidikan
      3. dilaksanakannya salah satu kegiatan seperti :
Ø  Perubahan fisik dan tempat belajar
Ø  Hubungan guru dan murid yang tidak langsung
Ø  Aktifitas anak didik yang relative bebas dari control guru
Ø  Perubahan peranan dan kecakapan guru
Ø  Jumlah, macam dan komposisi biaya yang berbeda.
Tiga kecendrungan umum dalam kemampuan penyajian yaitu :                     
      1.dipakai secara massa yang meliputi radio, televisi. teleblackboard.
2.dipakai dalam kelompok baik kecil maupun besar, seperti proyektor 
   film, overhead, kaset. pita. dll.
3.dipakai secara  individual  seperti  mesin  belajar. computer dan teks
         pengajaran individual.
Lima kecendrungan dari segi penggunaan yaitu :
1.   meningkatkan mutu pendidikan
2.   melatih/menatar guru
3.   memperluasjangkauan sekolah
4.   pendidikan dasar dan buta huruf
5.   pendidikan orang dewasa dan pembangunan masyarakat
Proses Pengembangan
Proses pengembangan dapat dianalisis kedalam 3 kelompok : perencanaan.pelaksanaan. dan penilaian.
Perencanaan   merupakan   proses   permulaan   sebelum   adanya   keputusan
kebijakan.
            Pelaksanaan kegiatan pengembangan merupakan lanjut perubahan peranan dan kecakapan guru an dari perencanaan,dimana dalam pelaksanaan ini bertujuan untuk menjalanka.n apa-apa yang sebelumnya telah direncanakan
            Peniaian merupakan kegiatan mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan,apakah sudah maxsimal atau sama sekali tidak berpengaruh terhadap suatu kegiatan

B.   Perkembangan Teknologi Pendidikan di Negara Maju

            Pemanfaatan siaran radio pendidikan meluas sampai ke daerah daerah terpencil yang jauh dari lokasi sekolah.medi pembelajarn tidak hanya radio pendidikan,ttetapi juga menggunakan televise pendidikan,dimana yang pada mulanya itu hanya di gunakan untuk hiburan,tetapi karena kemajuan teknologi dan kemampuan berfikir yang cepat,maka mereka menjadikannya sebagai mebia untuk pembelajaran.
Perbedan Tujuan Penerapan Teknologi Pendidikan di Negara Maju  dan Berkembang
1.      Tujuan penerapan teknologi pendidikan di Negara maju
 Di Australia dan new Zealand pemanfaatan siaran radio untuk pendidikan telah meluas sampai daerah terpencil.
 Di jepang media pembelajaran yang dgunakan adalah tv dan alay komunikasi lainnya. Pada mulanya hanya untuk hiburan dan alat-alat panyampaian pesan penerapan dan kemudian para ahli melihat media ini untuk dimanfaatkan untuk pendidikan.   
2.      Tujuan penerapan teknologi pendidikan di Negara berkembang
 Diniger memanfaatkan media teknologi komunikasi dalam system pendidikan nasional. Pada tahun 1964 siaran televise pendidikan dikembangkan, sasaran umatnya adalah para guru sekolah dasar. Sasaran lain yang harus cepat terselesaikan di niger adalah pemberantas buta huruf.

Perbedaan Kegiatan Penerapan Teknologi Pendidikan di Negara Maju dan Berkembang
1.   Kegiatan penerapan TP di Negara maju
Kegiatan penerapan TP di Negara maju dalam pembelajaran biasa dan tumbuh serta berkembang antara lain:
  1. Kegiatan pemanfaatan TP secara massa
Teknologi pada Negara maju telah digunakan oleh semua orang, dari masyarakat kecil, kalangan pejabat dan petinggi Negara dan yang paling utama tentu digunakan oleh para pelajar dan berbagai ahli.
                        Contoh teknologi yang dimanfaatkan adalah internet yang mereka gunakan sesuai dengan profesi yang mereka miliki.
  1. Kegiatan kelompok belajar
Disini kelompok belajar ini dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran dan disinilah para pelajar bisa bertukar pikiran dan menyelesaikan suatu persoalan dengan jalan bersama untuk memperoleh hasil yang maksimal.

c.       Kegiatan belajar individual 
Kegiatan seperti ini mungkin lebih efektif dilakukan oleh kalangan tertentu, karena dengan belajar secara individual mereka dapat mengembangkan potendi yang terdapat didalam dirinya. Kegiaatanya biasanya menggunakan berbagai media seperti  mesin  belajar, computer dan  teks pengajaran individual terprogram.
Hampir semua sekolah di Negara maju sudah dilengkapi dan memanfaatkan berbagai media elektronik dan fotografi.
Di Australia dan New Zealand untuk melayani peserta didik yang jauh terpencil yang tidak ada sekolah terdekat dari pemukimannya, mereka dapat mengikuti pelajaran melalui siaran radio sekolah dari tempat masing-masing pada jam siaran.
Sedangkan di Inggris mengembangkan siaran radio untuk pendidikan tinggi guna melayani mahasiswa yang tersebar di seluruh Inggris.
 2.   Kegiatan penerapan TP di Negara berkembang dalam usaha :
        a.   meningkatkan mutu pembelajaran
            Di Negara berkembang diperlukan perubahan pola belajar dan perubahan karakteristik guru serta media pembelajaran yang lebih menunjang pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.
        b.  melatih  guru
                    Diperlukan tenaga yang profesinal agar mutu pendidikan dapat meningkat. Uapaya yang dilakukan seperti memberikan pelatihan kepada guru dalam memberikan materi pelajaran baik dalam bentuk perbaharuan materi yang dapat diambil dari internet yang sebelumnya hanya menggunakan pedoman buku saja. Dan juga dibutuhkan media pembelajaran yang meransang minat siswa untuk belajar.
d.      memperluas jangkauan sekolah
            sekolah-sekolah berada di daerah tertentu membutuhkan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya, yang pada awalnya informasi didapatkan hanya dengan melalui surat kabar atau pemberitahuan di televise. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya diadakan seminar dan penyuluhan untuk memanfaatkan teknologi elektronik agar bisa mendapatkan informasi yang lebih up to date.
e.       pembelajaran pendidikan dasar dan buta huruf
            pendidikan dilakukan untuk memberantas buta huruf yang masih banyak dijumpai di Negara berkembang, hal ini dilakukan agar  tercapai pendidikan yang merata disetiap warga. Dan dengan modal bisa membaca tersebut mereka dapat memperolah informasi yang lebih dari sebelumnya yang pada akhirnya bisa menggunakan teknologi.
        e.   kegiatan pendidikan orang dewasa dan pembangunan masyarakat
Tidak semua Negara berkembang memiliki media yang  sama dalam menunjang system   pendidikan.  
.
Perbedaan Sasaran Penerapan Teknologi Pcndidikan di Ncgara Maju dan Negara Berkembang
1.   Sasaran penerapan TP di negara maju
Di negara maju pemanfaatan media komunikasi dapat mencapai sasaran anak/mahasiswa tidak hanya dalam kelas tapi juga terdapat pada beberapa kelas. Sasaran TP di negara maju adalah siswa&mahasiswa.
2 .Sasaran penerapan TP dinegara berkembang
     Pada Negara berkembang sasaran teknologi pendidikan masih mengutaman pendidik.karena kebanyakan para pendidik di Negara berkenbang belum propesiaonal dalam pembelajaran menggunakan media.contoh:
a. Niger sasarannya guru-guru sekolah dasar dan masyarakat
b. Pandaigading sasarannya karyawan menengah berbagai perusahaan
c. Aljazir sasarannya guru dan calon guru
d. Kolombia sasarannya anak-anak SD
e. Peru sasarannya anak-anak TK dan calon pekerja tamatan SD
f. Muanghtai sasarannya murit SD kelas 3-5
g. Hondurus sasarannya masyrakat dan anak-anak usia sekolah
                            

Perbedaan Pengelolaan Teknologi Pendidikan di Negara Maju dan Negara Berkembang
1.      Pengelolaan TP di negara maju
Dirumuskan suatu system yang  cukup ambisius yaitu dalam waktu yang singkat harus dapat diperluas usaha pembaharuan pendidikan dengan meningkatkan mutu.alternatif yang dikembangkan dan yang dipilih mempunyai kaitan langsung juga prioritas program yaitu industrialisasi.
2.      Suatu tem study mengajukan alternatif dipakainya media radio untuk pendidikan dasar di Indonesia khususnya penyebaran kuruikulum baru.

Perbedaan latar belakang penerapan Teknologi Pendidikan di negara maju dan negara berkembang
1.      Latar belakang Pengelolaan TP dinegara berkembang
Dalam dunia pendidikan masalah yang rata-rata dialami dan harus mendapatkan penyelesaian segera adalah kesempatan belajar mengingat masa depan dan kelanjutan kehidupan bangsa sangal tergantung dari kecerdasan warganya.
Dalam usaha pengembangan pendidikan bagi negara berkembang terlihat dan terasa kepincangan serta berbagai masalah.
2.   Latar belakang penerapan TP di negara maju
Media komunikasi pada mulanya adalah alat hiburan dan alat penyampaian pcsan-pesan penerangan. Kemudian para ahli melihat potensi yang ada pada media ini untuk dimanfaakan bagi pendidikan.

Perbedaan penerapan sumber belajar di negara maju dan berkembang
1.      Sumber belajar di negara maju
Penyampaian kuliah secara massal melalui pemancar adalah biasa dan tumbuh serta berkembang dengan baik.
Siaran radio untuk pendidikan tinggi dan siaran televisi sebagai media pembelajaran.


2.      Sumber belajar di negara berkembang
Memanfaatkan media televisi untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan antara yang memperoleh pendidikan di kota dan di desa. Televisi pendidikan sekolah ini berada langsung dibawah Menteri Pendidikan sedangkan tenaga pengelolanya ahli dibidang paedagogy.

Perbedaan kendala penerapan Teknologi Pendidikan di negara maju dan berkembang
1.      Kendala di negara berkembang
 Kendala yang dihadapi yaitu :
- Banyaknya orang yang buta huruf rendahnya produktifitas warganya    
  mendesaknya kebutuhan pendidikan itu sendiri
- Kekurangan  baik sarana maupun jumlah guru terlebih guru vans
  berkualitas tinggi
-  dana yang diperlukan terbatas sekali sehingga untuk memperoleh guru
   yang baik sukar dicapai
Tampaknya memanfaatkan media komunikasi merupakan alternatif pemecahan. namun tetap ada berbagai masalah yang timbul yaitu masalah dana dan tenaga yang diperlukan. Dalam hubungan ini bantuan internasional merupakan alternatif yana menjadi pilihan, dimana dana yang besar sangat diperlukan.
2.      Kendala penerapan TP di negara maju
Di negara maju jika ada masalah yang timbul mereka akan melakukan penelitian serta perbandingan dengan masing-masing pesan yangdisampaikan sendiri. Terhadap kekurangan dan kesalahan yang terjadi selalu diadakan perbaikan.

Sumber Dana Penerapan Teknologi Pendidikan di Negara Maju dan Berkembang
1.      Sumber dana pendidikan di negara maju
Penyampaian pembelajaran atau kuliah secara massal melalui pemancar adaiah biasa dan berkembang dengan baik. Hampir semua sekolah dinegara maju dilengkapi media pembelajaran elektronika dan fotografi.
Untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di negara maju memang memerlukan dana yang tidak sedikit. Sumber dana yang didapat dalam meningkatkan mutu pendidikan ini merupakan anggaran belanja di negara masing-masing. Dan ditambah dengan dana-dana lainnya, baik berasal dari dalam maupun luar negri.
2.      Sumber dana pendidikan di negara berkembang
Persoalan biaya bagi negara berkembang merupkan problem tersendiri yang seringkali bahkan merupakan faktor penentu utama untuk dapat tidaknya diterapkan teknologi pendidikan. Ciri teknologi adaiah adanya peralatan dan memerlukan biaya investasi yang mahal.
Banyak negara berkembang yang kekurangan guru bermutu. sedangkan guru yang diperlukan untuk mendidik sangat kecil jumlahnya. Belum lagi masalah dana yang harus disediakan untuk pendidikan ini.
Salah satu negara berkembang adaiah Indonesia. Indonesia pernah menyediakan dana pendidikan hanya 4% saja. Menurut para ahli anggaran yang paling ideal adaiah 25% dari semua anggararan

GURU PROFESIONAL BERBASISKAN ILMU DAN TEKNOLOGI

A.    Pengertian Guru Professional
Guru professional adalah guru yang mengenal dirinya. Yaitu, dirinya adalah pribadi yang dipanggil peserta didik dalam belajar. Guru dituntut untuk mencari tahu terus menerus bagaimana sehasusnya peserta didik itu belajar.
      Profesionalisme guru mempunyai makna penting yaitu:
1.       profesionalisme memberikan jaminan perlindunga kepada kesejahteran masyarakat umum
2.       profesionalisme guru merupakan suatu cara untuk memperbaiki profesi pendidikan yang selama ini dianggap oleh sebagian masyarakat rendah.
3.       profesionalisme memberikan kemungkinan perbaikan perkembangan diri yang memungkinkan guru dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin.


Kualitas profesionalisme ditunjukan oleh lima sikap yaitu:
  1. keinginan untuk menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal.
  2. meningkatkan dan memelihara citra profesi
  3. keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesionalismeyang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya.
  4. mengejar kualitas dan cita-cita dalam profesi
  5. memiliki kebanggaan terhadap profesinya.

B.     Guru Profesional Berbasis IT
Guru berbasi IT adalah guru yang dalam proses pengajaranna menggunakan media yang berupa informasi dan teknologi yang selalu diperbarui,dan menyampaikannya kepada peserta didik dengan metode yang dapat dengan mudah dapat menbuat peserta didik mengerti.
Karakteristik guru yang berbasis IT:
  1. Dalam mengajar ia harus professional
  2. menggunakan suatu media.
Guru berbasis IT sangat dibutuhkan pada saat sekarang ini,terutama untuk Negara yang sedang berkenbang seperti Negara Indonesia sekarang ini

INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
A.    Pengertian
Perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan pada masa tertentu agar memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Berbagai pembaharuan dilakukan agar pendidikan tersebut bisa berjalan dengan transparan dan dapat dilakukan dimana saja dengan berbagai perkembangan didalam dunia pendidikan.

B.     Tujuan Inovasi dalam Pendidikan
  1. Mengatur ketinggian yang dihasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat mengglobalisasi pada saat sekarang ini.
  2. Mengusahakan terselenggaranya pendidikan bagi setiap warga Negara, dimana pada saat sekarang ini banyak warga yang belum mengecap bagaimana pendidikan.
  3. Tercapainya perubahan yang baru  berkembang dalam pembelajaran agar menghasilkan system pendidikan dan pembelajaran yang maksimal dan dapat dimanfaatkan oleh masyarat.

Inovasi pendidikan dan pembelajaran yang mengacu pada informasi dan teknologi seperti pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan computer dan internet dimana semua  ilmu pengetahuan terdapat disana, dan juga memudahkan dalam melakukan pekerjaan.
                                  

1 komentar: